Membangun karakter dengan Belajar Al-Qur’an Suci

December 28, 2018 Off By manfred

Saya tidak percaya seberapa cepat hari-hari berlalu dan hanya tinggal 16 hari sebelum Ramadhan. Subhanallah …

Saya ingin memperbarui hifdh insyaAllah.

Kami mencoba mendengarkan cara cepat baca AlQuran beberapa kali sehari. Kami melakukan sesi revisi seperti biasa sekali sehari ketika saya meminta para gadis berdua membacakan 5 surah acak yang saya pilih dari ingatan mereka. Safiyya sedang menghafal surah Zalzala saat ini dan Sumayya baru saja mengulas Juzz Amma. Dia bisa membaca banyak surah di Juzz berikutnya tetapi belum mulai menghafal. Dia terus membaca surah Mursalat setelah sesi revisi cara cepat baca AlQuran kami. Dia mendengarkan surah baru beberapa kali dan dia bisa membacanya dari mus’af pada mashaAllah sendiri.

cara cepat baca alquran

Banyak ibu mengeluh kepada saya betapa sulitnya untuk duduk anak-anak mereka dan membuat mereka mendengarkan dan mengulangi ketika datang untuk menghafal cara cepat baca alQuran.

T: Bagaimana saya bisa memotivasi anak saya untuk menghafal cara cepat baca AlQuran?

Ini jawaban saya:

1. Kita – para ibu harus berusaha untuk menghafal surah baru bersama dengan anak-anak kita. Mereka seharusnya melihat kita mendengarkan surah yang ingin kita hafalkan, mengulangi setelah syekh, membaca surah itu setidaknya beberapa kali sehari dengan keras. Ketika kita memberikan contoh itu, mereka akan termotivasi untuk menyalin kita insyaAllah.

2. Kita harus melakukan upaya untuk menjadikan cara cepat baca AlQuran sebagai hal yang hidup / dapat diterapkan dalam kehidupan kita. Kami mencoba berbicara tentang cara cepat baca alQuran sebanyak mungkin di rumah tangga kami. Ketika kita meminta anak-anak untuk melakukan sesuatu atau menjadi sesuatu, kita harus selalu mencoba untuk merujuknya dari cara cepat baca AlQuran. Sebagai contoh, ketika kita meminta mereka untuk baik, kita dapat mengingatkan bahwa Allah telah meminta orang percaya untuk menjadi baik dalam cara cepat baca AlQuran (Anda dapat mencari dan menemukan ayat khusus untuk anak yang lebih besar). Ketika kita melihat kakak yang lebih tua membuat anak kecil kesal kita sering meminta mereka untuk meminta maaf. Sekali lagi, kita harus selalu mengingatkan bahwa ketika kita menyakiti seseorang, pertama-tama kita harus meminta pengampunan dari orang itu maka kita harus mencari pengampunan dari Allah swt. Ketika kami meminta mereka untuk bersikap lembut, berbagi, rendah hati dan tidak pamer – semua hal ini dapat dirujuk dari cara cepat baca AlQuran. Kita harus membuat anak-anak kita mengerti sejak usia muda bahwa bukan kita yang ingin mereka berperilaku dengan cara tertentu tetapi Allah yang Maha Kuasa, yang menciptakan kita semua dari ketiadaan dan memberi kita semua yang kita butuhkan- Dia ingin kita menjadi dan berperilaku seperti itu dan Dia memberi tahu kita demikian dalam Al Qur’an. Pernyataan pembangunan karakter ini dengan dukungan Al-Qur’an dapat dijelaskan dalam perjalanan sepanjang hari. Kami tidak perlu duduk anak-anak untuk menjelaskan ini. Manfaatkan waktu selama menjalankan sekolah atau saat memasak dan memicu beberapa percakapan tentang apa yang Allah azza wa jal katakan kepada kita dalam Al-Qur’an. Ketika anak-anak tidak mendengarkan saya, saya selalu mengatakan, “Allah berfirman dalam Al Qur’an,” Sembahlah aku dan patuhi orang tuamu “. Jadi, jika Anda ingin Allah bahagia dengan Anda, Anda dapat melakukan seperti yang saya katakan “.

cara cepat baca alquran

3. Salah satu hal yang diminta gadis-gadis saya setiap kali kami membuat doa akan ke tingkat tertinggi Jannah, insyaAllah. Setiap kali mereka merasa enggan melakukan hifdh Al-Qur’an, saya bertanya kepada mereka, “Jadi, bagaimana Anda akan pergi ke tingkat tertinggi Jannah tanpa belajar banyak tentang Al-Qur’an. Ingat, Allah mencintai orang-orang yang belajar dan hidup cara cepat baca alquran. Jadi, Allah mengawasi Anda sekarang untuk melihat apakah Anda bisa melakukannya atau tidak ”. MashaAllah ini bekerja dengan sangat baik dengan Sumayya saat dia semakin tua dia memiliki lebih banyak pemahaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan HereAfter.

4. Treats – kami tidak punya TV tetapi kami menggunakan menonton beberapa kartun pendidikan di youtube sebagai hadiah untuk belajar / menghafal Al-Qur’an. Bagi mereka yang memiliki / menonton TV – itu harus dibatasi dan digunakan sebagai hadiah saja. Kita dapat menggunakan grafik cara cepat bisa baca al quran – di mana seorang anak mengumpulkan bintang untuk setiap surah baru yang dipelajari dan orang tua dapat membeli sesuatu untuk setiap 10 bintang. Hadiahnya bisa berupa mainan sederhana atau sumber pendidikan, buku, dll. Sesuatu yang berguna. Kita juga bisa memberi mereka permen dan permen untuk surah baru yang dipelajari. Kami selalu membatasi hal-hal manis dalam diet keluarga kami (dan saya benar-benar tidak punya gigi manis. Saya tidak dapat setiap toko membeli cokelat, permen, biskuit choc-chip dll) Jadi, apa yang diterima gadis-gadis kami biasanya adalah sesuatu yang sangat kecil – itu bisa menjadi 1/4 dari twix bar dan mereka lebih dari bulan lol. Tapi saya katakan kepada mereka, cokelat / permen tidak sehat di dunia ini saja. Tapi, di Jannah, semuanya sehat. Mereka dapat memiliki banyak lolly dan cokelat seperti yang mereka inginkan dan itu tidak pernah mempengaruhi gigi atau perut mereka. Saya berkata, “Bahkan jika Anda tidak ingin makan dan memiliki 10 permen sehari, gigi Anda tetap tidak menjadi hitam. Karena semuanya murni di Jannah dan tidak ada yang membuat Anda buruk di sana ”. Mereka suka ketika saya berbicara seperti ini tentang Jannah, alhamdulillah. Juga, kita dapat mengatur pesta-pesta cara cepat membaca al quran dengan baik dan benar ketika mereka menghafal satu juzz atau sejumlah surah. Kami juga mengatur perjalanan untuk anak perempuan kami untuk menghafal Al-Qur’an dan alhamdulillah yang mereka harapkan untuk perjalanan dan mencoba untuk menghafal dengan cepat.

cara cepat baca alquran

5. Teruslah mendengarkan belajar mengaji al quran sesering mungkin sepanjang hari. Saat bepergian di dalam mobil, sambil memasak makanan, sambil sarapan dll. Kebanyakan orang memiliki ponsel pintar hari ini dan beberapa aplikasi yang sangat keren. Jadi, kita bisa memanfaatkan teknologi yang kita miliki dan memanfaatkan setiap waktu luang yang kita miliki insyaAllah. Jika kita membiasakan telinga anak-anak kita dengan bacaan Al-Qur’an, mereka seharusnya tidak merasa segan dalam hal menghafal. Ini benar-benar bahasa asing bagi anak-anak, mereka tidak membaca, menulis, berbicara atau bahkan mendengar bahasa Arab. Jadi, kita bisa membayangkan betapa sulitnya bagi mereka untuk menghafal sesuatu dalam bahasa yang tidak pernah mereka dengar sebelumnya. Saya pikir ini membantu melatih telinga mereka dengan mendengarkan pembacaan Al-Qur’an sejak semuda bayi yang baru lahir (atau bahkan dalam kehamilan).

cara cepat baca alquran

6. Kami memiliki “Sudah waktunya cara cepat membaca al quran dengan lancar dengan ibu” setiap hari. Kita semua harus menjadikannya kebiasaan insyaAllah. Waktu adalah faktor penting bagi orang tua dan anak-anak. Kami orang tua harus dapat memilih waktu yang cocok untuk kedua insyaAllah dan merevisi semua surah yang telah mereka hafal sejauh ini. Kita bisa membuat mereka membaca atau mendengarkan / mengulangi surah mereka setidaknya 3 kali (tergantung metode mana yang digunakan. Anak-anak yang lebih tua menghafal dengan membaca surah berkali-kali tetapi yang lebih muda menghafal dengan mendengarkan dan mengulangi. Secara pribadi, saya lebih suka mendengarkan / ulangi metode karena ini tradisional dan Anda lebih mungkin untuk mendapatkan suara yang tepat). Ngomong-ngomong, ketika kita menetapkan “Alquran waktu dengan ibu” sebagai kebiasaan, maka kita tidak perlu menyeret mereka / mengomeli mereka atau menghabiskan waktu lama mencoba membuat mereka duduk dan melakukan hifdh. Menetapkan kebiasaan itu sendiri adalah motivasi otomatis insyaAllah.

7. Aqeedah – kita harus terus bekerja pada pemahaman mereka tentang Aqeedah. Kita harus membangun pengetahuan yang teguh tentang Allah, keesaan Allah dan makna nama-nama Allah swt. Kita harus mengajarkan semua pengetahuan dasar yang berkaitan dengan HereAfter dari usia yang sangat muda dan seiring bertambahnya usia mereka belajar lebih banyak detail. Beberapa hal yang kita harus mengembangkan kesadaran yang kuat pada anak-anak adalah: tauhid (ketiga aspek tauhid) pilar imaan (kepercayaan pada Allah, malaikat, nabi, buku, hari Penghakiman dan Qadar). Secara umum, ini adalah apa yang selalu kami katakan kepada anak-anak kami di rumah. “Kita semua memiliki buku berjudul Illiyun. Kita semua memiliki malaikat di pihak kita yang disebut Kiraman Katibeen. Malaikat-malaikat ini menuliskan perbuatan baik dan buruk kita. Allah swt akan mengandalkan hari kiamat semua perbuatan kita untuk melihat mana yang lebih. Jika kita memiliki banyak perbuatan baik maka Allah akan membalas kita dengan Jannah insyaAllah ”. Selain memperlakukan anak-anak kita dengan perjalanan, permen atau pesta Al-Qur’an dari waktu ke waktu, kita harus terus mengingatkan mereka bahwa hadiah terbesar adalah dengan Allah swt dan Jannah.

cara cepat baca alquran

Saya menghafal surah Qiyamah beberapa waktu lalu. Ketika saya hafal, saya juga mendengarkan tafsir surat itu. Saya berkata kepada Sumayya, “Kamu tahu pada hari kiamat, Allah akan menghancurkan segalanya. Semua gunung yang kuat akan terbang di langit. Semua pohon akan tumbang dan bangunan tinggi yang kuat akan runtuh. Apakah Anda pikir itu akan menjadi gelap atau cerah pada hari itu. Itu benar, di mana-mana akan gelap. Tetapi, nabi melihat bahwa mereka yang menghafal dan mempelajari Al-Qur’an akan memiliki cahaya pada wajah mereka. Jadi, jika Anda mempelajari dan menjalankan Al-Qur’an, Anda dapat melihat ke mana Anda pergi. Di mana-mana akan gelap tetapi insyaAllah Anda dapat menemukan jalan Anda ”Dia sangat terkesan dengan fakta ini dan juga belajar tentang deskripsi hari Penghakiman. Jadi, saya pikir mengembangkan pengetahuan mereka tentang HereAfter akan membantu mereka merasa termotivasi untuk mempelajari cara cepat belajar baca alquran.

8. Akhirnya, kita semua harus membuat doa terus-menerus bahwa Allah swt membuat perjalanan ini mudah bagi kita dan anak-anak kita. Allah Maha Mengetahui, Mengamati, Mengamati, Mengontrol Hati dan Dia dapat membuat segala sesuatu menjadi mungkin. Kami hanya diminta melakukan apa yang bisa kami lakukan insyaAllah.